USB 2 dan 3

Gambar USB 2.0 dan USB 3.0.

USB sekarang sudah versi 3.0 Sekilas jika kita perhatikan hampir tidak ada perbedaan antara USB 2.0 dan USB 3.0. Secara fisik ukuran mereka sama. Sekilas yang membedakan satu USB 2.0 dan USB 3.0 adalah USB 2.0 memiliki bantalan berwarna putih sedangkan USB 3.0 memiliki bantalan berwarna biru. Apakah ini hanya akal-akalan tengkulak produsen USB agar pasar mereka meningkat dari orang-orang yang ingin meng-upgrade piranti keras? Apakah USB 2.0 bisa disambungkan ke USB 3.0 atau sebaliknya? atau mungkin timbul pertanyaan apa sih bedanya USB 1.0, USB 2.0 dan USB 3.0?

Pertama-tama kita samakan persepsi kita tentang USB. USB disini bukan Urban Service Boundary, United State Bank, atau Unicode Subset Bitfields. tp USB yang kita bahas disini adalah Universal Serial Bus. Pengertiannya USB adalah standar bus serial untuk perangkat penghubung. bisa komputer ke piranti bergerak atau piranti-piranti lainnya seperti flashdisk, HD eksternal, modem, dan lain-lain.

Secara umum, USB 3.0 memiliki kecepatan lebih tinggi sekitar 3.2Gbps (400MB/s) dan secara teori dapat mencapai 4.8Gpbs. Kecepatan ini 6 sampai 10 kali lebih cepat dari pada USB 2.0. karena USB 3.0 sudah mengadopsi teknologi transfer data dua arah (full duplex), sehingga dapat membaca dan menulis bersamaan (simultan). Kelebihan lain dari USB 3.0 adalah lebih hemat listrik karena tegangan listrik semula 4.4V menjadi 4V dan arusnya ditingkatkan jadi 150mA. USB 3.0 dapat digunakan 4-6 perangkat sekaligus. USB 3.0 juga mendukung idle, sleep dan suspend sehingga managemen power lebih baik.

Perangkat yang menggunakan USB 2.0 bisa disambungkan ke USB 3.0 namun perangkat USB 3.0 tidak bisa disambungkan ke USB 2.0. Misalnya kita memiliki flashdisk USB 2.0 dan kita ada komputer yang USB 3.0 nah itu bisa digunakan dengan performa terbaik USB 2.0. Namun jika flashdisk kita USB 3.0 ternyata komputer kita hanya tersedia port USB 2.0 maka pasti komputer tidak bisa mendeteksi flashdisk tersebut.

Dari kelebihan USB 3.0, masih menyisakan kekurangan. Kekurangan ini yang akhirnya menjadi  kelebihan dari USB 2.0. Kekurangan USB 3.0 antara lain :

  • Tidak didukung oleh sistem operasi Windows XP. Namun sudah di dukung Windows 7 ke atas dan Linux.
  • Penjang kabel maksimal 3 meter sedangkan USB 2.0 bisa mencapai 5 meter. (kekurangan ini bisa ditangani dengan menambahkan USB Hub.
  • Kecepatan pengiriman data tidak bisa mencapai kecepatan yang optimal di semua piranti. contohnya hardisk piringan hanya terbatas kecepatan piringan tersebut berputar.

 

9 jumlah kabel USB 3.0

9 jumlah kabel USB 3.0

Jika kita membongkar fisik dari kabelnya baik USB 2.0 dan USB 3.0 sama-sama memiliki 4 kabel. Namun dari sisi jack kabel USB 2.0 ditambah 4 jalur kabel untuk USB 3.0. Jadi USB 3.0 memiliki 9 kabel.

 

Sumber :

http://ermayu.blogspot.com/2012/09/perbedaan-usb-20-dengan-usb-30.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Universal_Serial_Bus
https://id.wikipedia.org/wiki/Universal_Serial_Bus
http://blog.fastncheap.com/mengenal-perbedaan-usb-2-0-dengan-usb-3-0/

Iklan